Written by dhiyaulhaqza
on 
Post category Personal

Rahasia di Balik Sebuah Probabilitas

Assalamu’alaikum.

Dunia ini penuh dengan probabilitas, alat canggih pendeteksi cuaca pun tidak 100% akurat. Software kecerdasan buatan untuk prediksi arah pasar saham terbaik pun tidak ada yang 100% akurat. Kenapa bisa begitu ya? Jadi begini gaes.

1. Ada variabel yang belum ditemukan

Ada banyak sekali contoh yang bisa aku ceritakan. Misal pada pertanian padi, untuk berhasil maka memerlukan beberapa variabel di antaranya yaitu perairan, pemupukan, perawatan dan penanggulangan hama. Apabila petani bisa menjaga variabel-variabel tersebut maka probabilitas untuk berhasil akan tinggi. Meski begitu tetap ada probabilitas untuk gagal yaitu apabila terjadi cuaca ekstrim seperti hujan lebat atau kemarau, variabel inilah yang tidak dikuasai oleh petani, petani tidak tahu kapan hujan lebat tiba-tiba turun.

2. Fokuslah ke hal yang bisa kamu kontrol

Dengan contoh kasus pertanian padi tersebut, ada variabel yang petani tidak bisa kuasai karena tidak tahu kapan hujan lebat turun. Oleh karena itu fokuslah hanya ke variabel-variabel yang bisa kamu kontrol, dalam contoh kasus ini berarti petani harus fokus ke variabel perairan, pemupukan, perawatan dan penanggulangan hama sembari mencari solusi penanggulangan variabel yang belum diketahui. Dalam contoh kasus ini kita tahu bahwa dalam puncak musim penghujan memiliki probabilitas tinggi untuk cuaca ekstrem. Maka untuk agar menurunkan probabilitas gagal panen karena hujan lebat bisa di atasi dengan menanam padi pada musim terbaik bagi petani padi yaitu pada awal musim hujan, meski tetap ada probabilitas turun hujan lebat tiba-tiba namun probabilitas ini lebih kecil di banding penghujung musim hujan yang biasanya membuat gagal panen. Dengan begitu petani telah menurunkan probabilitas gagal panen karena cuaca ekstrem.

3. Faktor keberuntungan sama dengan kebetulan

Untuk menjelaskan poin ini, aku kasi studi kasus misal ada petani yang tetap ngeyel menanam padi pada akhir musim penghujan. Apabila dia berhasil panen pada masa ekstrem tersebut dan saat masa tumbuh padinya tidak ada hujan lebat dan angin kencang melanda, meski probabilitas itu kecil mungkin dia beruntung dan kebetulan memang tidak ada hujan lebat saat itu. Ya, aku katakan ini kebetulan karena variabel kapan hujan lebat dan angin kencang melanda sama sekali belum diketahui oleh manusia dan kebetulan variabel ini terpenuhi oleh petani.

4. Ada variabel yang memang hanya diketahui oleh Tuhan

Di dunia ini tidak semua hal bisa kita ketahui atau kontrol sepenuhnya. Dalam kasus hujan badai kita ketahui bahwa ada variabel kecepatan udara, posisi awan ada di mana, maupun udara sedang ke arah mana, namun apakah kita tahu kalau udara tiba-tiba akan bergerak ke arah sebaliknya dan lain sebagainya? Tentu saja tidak karena alat pendeteksi arah udara itu lagging indicator, variabel ini mungkin saja dimiliki oleh Tuhan dan Dialah yang mengaturnya.


Ada banyak sekali studi kasus untuk menjelaskan rahasia di balik probabilitas. Namun dalam kasus apapun aku merangkum beberapa rahasia probabilitas menjadi 4 hal yaitu, ada variabel yang belum ditemukan, fokuslah ke hal yang bisa kamu kontrol sembari meriset variabel apa yang belum ditemukan, faktor keberuntungan sama dengan kebetulan, ada variabel yang memang hanya diketahui oleh Tuhan.

Oke itu dia penjelasan singkat dari aku, pantau terus blog pribadiku ini ya. Ayo kembalikan Indonesia suka membaca. Terima kasih !!

Wassalamu’alaikum.