Written by dhiyaulhaqza
on 
Post category Personal

Kenapa Pengalaman Lebih Penting Dari Sekedar Kuliah Bagi Seorang Software Developer

Assalamu’alaikum.

Sedikit ingin berbagi kenapa aku lebih mementingkan pengalamanku daripada cepat-cepat ingin lulus kuliah. Dengan latar belakang seorang software developer, aku bisa katakan bahwa pengalaman lebih penting dari hanya sekedar nilai akademis.

Why?

  1. Ijazahmu tidak berguna.
    Berdasarkan pengalaman pribadiku yang ketika belum lulus kuliah sudah dapat projekan dan pekerjaan, bisa disimpulkan bahwa aku benar-benar tidak pernah mengeluarkan ijazah S1 Informatika ku. Bagaimana tidak? Lulus kuliah aja belum kok sudah punya ijazah, hehe.

  2. Skillmu adalah yang utama.
    Bagi seorang programer, yang paling dibutuhkan adalah skill kamu, tidak peduli latar belakangmu adalah tukang jahit atau lulusan kelas menari pun kalo kamu jago membuat software maka kamu akan sangat dibutuhkan di industri software.

  3. Pengalaman dan portofoliomu lebih penting dari berapa IPK mu.
    Berada di lingkungan anak IT karena jurusan kuliahku Informatika, tidak sedikit teman-temanku yang lulus cepat dan bingung mendapat pekerjaan yang cocok dengan kemampuannya karena aku bisa katakan hanya beberapa anak saja yang benar-benar bisa ngoding di kelas. Aku tidak mengatakan bahwa lulus cepat berarti tidak memiliki pengalaman dan portofolio, hanya saja kebanyakan dari mereka hanya kuliah saja, tidak membangun portofolio dan tidak mencari pengalaman sebelum lulus perkuliahan.

  4. Lulus cepat dan IPK tinggi sama sekali bukan tolok ukur kemampuanmu.
    Kemampuan diukur dari apa yang bisa kamu lakukan, seberapa ahli kemampuanmu. IPK hanyalah sebuah angka akademis perkuliahan, semakin tinggi bukan berarti kamu ahli di jurusanmu, mungkin kamu lebih cocok menjadi dosen. Di dunia industri IT, yang dibutuhkan adalah hardskill dan softskillmu, bukan angka IPK mu.


Bukan berarti IPK dan lulus cepat itu tidak penting, namun ada yang lebih penting yaitu skill, portofolio dan pengalamanmu. Meskipun begitu kuliah juga memberikan banyak manfaat yaitu mengajarkan kita bagaimana bersosialisasi, berorganisasi, networking, dan belajar sesuatu dengan terstruktur, dan bonus lainnya adalah gelar, ijazah dan wisuda.

Jadi kesimpulannya adalah, kuliah itu penting tapi kurang. Jadi selamat untuk kamu yang lulus cepat, IPK tinggi dan sudah memiliki skill, portofolio dan pengalaman.

Itu tadi adalah isi pikiran yang aku tulis di artikel ini, tentu ini adalah opini pribadi dan pengalaman pribadi sebagai seorang software developer. Jadi kalo kamu memang benar-benar ingin masuk di dunia software development, pastikan kamu punya kemampuan di bidang itu. Ok, terima kasih teman-teman yang mau membaca isi pikiranku melalui blog ini.

Wassalamu’alaikum.