Written by dhiyaulhaqza
on 
Post category Tech

Bagaimana Saya Memangkas Biaya Hosting Di Blog Pribadi Saya

Assalamu’alaikum.

Sebelumnya perlu dijelasin dulu bahwa website ini dulunya hanya sekedar CV online dan sekarang bertransformasi menjadi blog untuk meningkatkan produktifitas dan berbagi pikiran dengan teman-teman.

Website ini lahir di tahun 2017, dan sama sekali ga ada manfaat lain selain menjadi curriculum vitae. Udah ibarat punya lahan tanah, tp cuma dijemur aja dan ga dimanfaatkan untuk sesuatu yang lebih produktif.

Aku bayar setiap tahun untuk domain dan hosting website ini, website ini aku lingkarin sebagai liabilitas karena menjadi pengeluaran tetap tiap tahunnya.

Bagaimana caraku memangkas biaya hosting hingga 100% ?

Ok langsung aja, ini dia teknologi yang aku pakai untuk hosting dengan gratis dan teknologi pendukung lainnya tanpa ngotak-atik server maupun database.

Meskipun biaya hosting sudah terpangkas, aku masih perlu mengeluarkan biaya untuk domain .com setiap tahunnya. Ya mau bagaimana lagi, sebagai bentuk profesionalisme menurutku worth-it aja untuk membayar biaya domain pribadi.

Bagaimana ketiga teknologi di atas bisa berkolaborasi?

  1. Buat web statis menggunakan Jekyll. Udah ada banyak banget template yang siap kamu pakai untuk nge-blog di website statis.
  2. Simpan source code mu di GitHub.
  3. Hubungkan Netlify dengan repository website mu yang sudah kamu simpan di GitHub.
  4. Untuk membuat dan publish artikel tinggal bikin file markdown dan push ke GitHub.

Cara untuk setup masing-masing teknologi di atas silahkan googling sendiri ya, hehe. Atau boleh langsung ngobrol sama aku, detailnya ada di About .

Itu dia cara ku memangkas biaya hosting untuk nge-blog. Tanpa mikir server dan database. Makasih untuk temenku yang ngasitau caranya, semoga jadi amal jariyah. Makasih juga buat temen-temen yang udah mau baca blog ku.

Wassalamu’alaikum.