Written by dhiyaulhaqza
on 
Post category Summary

7 Karakteristik Dari Pemimpin yang Hebat

Assalamu’alaikum.

Setiap pemimpin memiliki karakteristik yang berbeda-beda dalam kepemimpinannya, dengan karakter yang berbeda-beda tersebut ternyata berimbas kepada perusahaan yang sedang dia pimpin. Apa saja yang membuat pemimpin yang baik hebat? Ini dia 7 karakteristik yang teridentifikasi pada setiap pemimpin yang hebat.

1. Visi

Mereka memiliki pandangan jauh akan seperti apa perusahaan yang sedang ia pimpin. Dia tau apa yang harus dilakukan agar tujuan perusahaannya tercapai. Mereka sangat semangat untuk mencapai visi yang sudah dia rancang dan buat.

2. Keberanian

Pemimpin yang hebat selalu berani dalam mengambil keputusan, berani untuk mengejar tujuan, berani dengan resiko-resiko yang akan dia hadapi. Karena sifat ini membuat para pemimpin terhindar dari mental blocking dalam mengembangkan perusahaannya.

3. Integritas

Integritas berkaitan dengan kejujuran dan konsistensi. Tidak ada yang mereka takuti dan tutupi, karena untuk memiliki sifat ini mereka harus jujur dan mengatakan sebenarnya ke semua orang, di setiap situasi. Ini adalah fondasi yang penting untuk sukses di setiap bisnis.

4. Rendah hati

Sifat ini membuat para pemimpin memiliki pikiran terbuka untuk setiap masukan, kritik, dan sebagainya. Semakin kamu bisa menahan ego, semakin realistis kamu tentang masalahmu. Kamu akan belajar cara mendengarkan dan mengakui bahwa kamu banyak tidak tahu. Kerendahan hati membuat kamu belajar untuk mengakui kesalahan. Pemimpin hebat adalah mereka yang tegas namun juga rendah hati.

5. Perencanaan Strategis

Mereka memiliki kemampuan dalam merancang strategi. Mereka bisa melihat jauh di depan, melihat berbagai resiko dan tau bagaimana meminimalisir resiko, mereka tau apa saja tantangan yang akan dihadapi dan bagaimana menghadapinya. Pemimpin harus punya kemampuan melihat dan mengantisipasi tren jauh di depan kompetitor mereka. Apabila mereka melihat suatu situasi dan kondisi baru, mereka tau kapan dan harus melakukan apa dengan perencanaan strategis yang matang agar menjadi penggerak pertama dalam situasi dan kondisi tersebut.

6. Fokus

Mereka fokus pada sesuatu yang positif, fokus untuk mencapai tujuannya, mereka fokus untuk kekuatan perusahaan beserta segala hal yang menunjang produktifitas organisasinya agar bisa melakukan yang terbaik untuk memberi kepuasan pada pelanggan dalam kompetisi di pasar.

7. Kerjasama

Kemampuan untuk bersinergi dan berkolaborasi, pemimpin yang hebat juga memperhatikan kinerja orang-orang yang bekerjasama dengannya, memenuhi kebutuhan untuk menunjang produktifitas. Ada aturan 80/20 yang artinya 20% dari orang yang bekerja berkontribusi 80% hasil yang didapatkan, apabila 20% itu dipenuhi kebutuhan untuk menunjang produktifitasnya maka akan lebih maksimal lagi hasilnya. Kerjasama juga berarti komitmen dengan pihak lain yang lebih ahli daripada kita sendiri, karena kita membutuhkan orang lain untuk membuat perusahaan yang hebat.

Kesimpulannya adalah, untuk menjadi pemimpin yang hebat kita harus memiliki visi, keberanian, integritas, rendah hati, perencanaan strategis, fokus, dan bekerjasama. Pemimpin yang hebat juga memiliki sikap atau attitude yang positif, berorientasi masa depan, dan mengambil tanggungjawab.

Artikel ini adalah rangkumanku dalam membaca e-book berjudul “7 Leadership Qualities Of Great Leaders: What Makes A Great Leader” karya penulis bernama Philip Andrew. Ini adalah caraku belajar dan membaca buku, aku merangkum dan menulisnya di blogku. Terima kasih sudah mau membaca artikelku, semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum.